• 28 September 2020 2:13 am

SATUAN POLISI PAMONG PRAJA

Jl. Parasamya, Beran, Tridadi, Sleman 55511 Telp. 0274-868506 Faks.0274-868506

Tingkatkan Kemampuan, Damkar Latihan Tali- Temali

Avatar

Bydamkar

Jul 2, 2020

Banyaknya laporan kasus kucing tercebur sumur yang masuk ke posko.Personil  Damkar sleman  melaksanakan latihan tali dengan metode Single Rope Technique (SRT). SRT adalah teknik yang biasa dipergunakan untuk untuk menelusuri gua-gua vertikal dengan menggunakan satu tali sebagai lintasan untuk naik dan turun medan-medan vertikal. Berbagai sistem telah berkembang sesuai dengan kondisi medan di tempat lahirnya masing-masing metode. Seiring dengan ketugasan damkar dibidang evakuasi dan penyelamatan, maka pengetahuan tentang tali -temali merupakan hal yang wajib bagi petugas Damkar.

praktek naik turun lintasan dengan metode SRT

Pada tahun yang lalu Petugas  Damkar pernah mendapatkan pelatihan SRT untuk keperluan operasi vertical rescue  oleh Damkar Kota Yogyakarta dan BPBD Kab. Sleman. Latihan tersebut dimulai dengan sesi materi dan pengenalan tehnik dasar evakuasi, simpul tali, dan dilanjutkan praktek ascending dan descending  yaitu naik dan turun menggunakan lintasan satu tali.

persiapan pelaksanaan evakuasi kucing tercebur sumur

Seiring adanya ketugasan Damkar pada bidang evakuasi penyelamatan korban kebakaran dan non kebakaran, selain evakuasi sarang tawon Damkar sleman juga melaksanakan kegiatan evakuasi ular dan animal rescue lainnya. Untuk meningkatkan pelayanan tersebut selain melaksanakan pelatihan penanganan ular oleh Komunits Reptil yang bekerja sama dengan narasumber dari UGM, Damkar juga Melaksanakan pelatihan penanganan korban oleh Sar Linmas Kabupaten Sleman.

pengenalan tehnik lintasan
penyelamatan kucing masuk sumur

Sedangkan kegiatan latihan tali -temali menggunakan metode SRT dilaksanakan secara mandiri di sela -sela piket yang di dampingi pelatih dari Tim Reaksi Cepat BPBD Kabupaten Sleman. Latihan tersebut dilaksanakan secara kontinyu untuk memperdalam pengetahuan dan penguasaan alat-alat evakuasi vertikal yang sangat dibutuhkan petugas dalam melaksanakan operasi penyelamatan. Latihan dimulai dari pengenalan alat-alat, pengenalan jenis, fungsi dan kegunaan simpul tali, serta praktek lapangan beregu/tim.