• 28 September 2020 4:00 am

SATUAN POLISI PAMONG PRAJA

Jl. Parasamya, Beran, Tridadi, Sleman 55511 Telp. 0274-868506 Faks.0274-868506

Kesadaran Memakai Masker di Pasar Setan Sangat Tinggi, Satpol PP Sleman Berikan Apresiasi

Anom K

ByAnom K

Jul 7, 2020

Sejauh ini tingkat kesadaran para pedagang dan pembeli di Pasar Setan untuk menggunakan masker adalah paling tinggi dibandingkan dengan pasar-pasar lain yang  pernah didatangi Satpol PP Sleman. Dari sekitar 740 pedagang pagi, hanya 20 orang yang kedapatan tidak menggunakan masker atau sekitar 2,7% saja.

 

Hal tersebut terungkap saat Satpol PP Kabupaten Sleman  menggelar Operasi Simpatik Pemakaian Masker di Pasar Desa Setan yang berlokasi di Setan, Maguwoharjo, Depok, Sleman pada hari ini, Selasa (7/7/2020), jam 07.00 WIB s.d. 08.30 WIB. Dibagikan secara cuma-cuma sejumlah 500 (lima ratus) masker. Selain membagikan masker, juga disampaikan imbauan dan edukasi kepada para pedagang dan pembeli serta pegunjung pasar agar selalu menerapkan protokol kesehatan, terutama penggunaan masker guna mencegah penyebaran Covid-19.

Sejumlah pihak  dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Sleman turut serta dalam kegiatan ini yakni Dinas Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas Perindustrian  dan Perdagangan, perangkat Kecamatan Depok dan Desa Maguwoharjo serta pengelola Pasar Setan.

Bapak Kasidi selaku Lurah Pasar Setan mengatakan  bahwa selama ini pihaknya melarang siapapun yang tanpa masker untuk  masuk ke pasar. Diceritakannya bahwa sering sekali sebelum subuh Pak Kasidi sudah standby di depan pintu masuk pasar untuk  memastikan bahwa yang masuk pasar benar-benar bermasker. Mungkin ini salah satu penyebab tingginya tingkat kesadaran bermasker di pasar ini.

Menanggapi tingginya tingkat kesadaran memakai masker ini, Bapak Ir. Arip Pramana, M.T. selaku Pelaksana tugas Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Sleman menyampaikan apresiasinya “Kita sangat mengapresiasi tingginya tingkat kesadaran di pasar ini. Mencapai lebih dari 97% , capaian tertinggi selama kita melakukan Operasi Simpatik. Ini menjadi contoh yang sangat baik. Di lokasi lain masih di kisaran angka 87% hingga 92%. . Target kita tetap, yakni mencapai 100% bagi orang yang melakukan kegiatan di luar rumah harus memakai masker”,  demikian pernyataan Bapak Arip di lokasi usai membagi-bagikan masker.(AN).