• 26 November 2020 2:10 am

SATUAN POLISI PAMONG PRAJA

Jl. Parasamya, Beran, Tridadi, Sleman 55511 Telp. 0274-868506 Faks.0274-868506

Tata cara pemasangan alat peraga kampanye di Wilayah Kabupaten Sleman sudah diatur dalam Peraturan Bupati Sleman No. 30 Tahun 2013. Perbup ini merupakan perubahan dari Peraturan Bupati Sleman No. 13 Tahun 2013 tentang pemasangan alat peraga kampanye yang sudah diundangkan dalam Berita Daerah Kabupaten Sleman pada tanggal 31 juli 2013. Peraturan Bupati ini hendaknya menjadi dasar dan acuan bagi pengurus Partai Politik, Calon legislatif, maupun Calon anggota DPD didalam memasang alat peraga kampanye. Hal ini perlu diperhatikan agar alat peraga kampanye yang sudah dipasang tidak terkena razia Sat Pol PP Sleman.
Poin-poin Penting yang wajib ditaati bagi pemasang alat peraga kampanye di wilayah Kab  Sleman berdasar Peraturan Bupati Sleman No. 30 Th 2013: Pasal 8
(1) Orang atau partai politik yang memasang alat peraga kampanye dilarang:
a. Memasang alat peraga kampanye di fasilitas umum, antara lain lingkungan gedung pemerintah, lembaga pendidikan, rumah sakit atau tempat-tempat pelayanan kesehatan, pasar, terminal, taman, tempat ibadah, Stadion Maguwoharjo, Stadion Tridadi, Lapangan Pemerintah Daerah;
b. memasang alat peraga kampanye dengan cara melintang di jalan;
c. memasang alat peraga kampanye dengan menghalangi lampu pengatur isyarat lalu lintas;
d. memasang alat peraga kampanye di pohon, gapura, tiang telepon, tiang alat pengatur isyarat lalu lintas, tiang reklame, tiang listrik
e. memasang alat peraga kampanye disepanjang jalan lingkar di wilayah Kabupaten Sleman, Pembatas jalan, pulau jalan, dan kawasan tertib lalu lintas;
f. memasang alat peraga kampanye di tempat yang berdekatan dengan jaringan listrik;
g. memasang alat peraga kampanye di jembatan, dan jembatan layang.

Penjelasan
(1a) Larangan pemasangan alat peraga kampanye disepanjang jalan lingkar di wilayah Kabupaten Sleman sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf e dikecualikan bagi pemasang alat peraga kampanye dalam bentuk bilboard dan megatron.
(1b) Konstruksi bangunan bilboard dan megatron sebagaimana dimaksud pada ayat (1a) wajib memiliki Izin Mendirikan Bangunan.
(2)  Pemasangan alat peraga kampanye sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a dapat dilakukan dalam radius paling jauh 500 (lima ratus) meter dari fasilitas umum.
(3) Pemasangan alat peraga kampanye dilapangan dapat dilakukan pada saat dipergunakan untuk kegiatan rapat umum sesuai dengan jadwal kampanye yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Sleman.

Demikian diantara poin-poin Penting yang diatur dalam perbup No. 30 Tahun 2013 tentang pemasangan alat peraga kampanye, hendaknya hal ini bisa dijadikan acuan untuk pemasangan alat peraga kampanye. Semoga bermanfaat!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *