• 15 August 2020 6:38 pm

SATUAN POLISI PAMONG PRAJA

Jl. Parasamya, Beran, Tridadi, Sleman 55511 Telp. 0274-868506 Faks.0274-868506

Pagi ini, Satpol PP Sleman Gelar Operasi Simpatik Pemakaian Masker

Anom K

ByAnom K

Jun 20, 2020

Masyarakat perlu terus diedukasi dalam menghadapi wabah Covid-19. Salah satunya untuk selalu menggunakan masker, baik saat di rumah apalagi saat bepergian. Terlebih Kabupaten Sleman tengah menyiapkan diri menuju tahap New Normal. Masyarakat diharapkan mendisiplinkan diri menerapkan protokol kesehatan.

Berkaitan dengan tujuan tersebut, pagi ini Sabtu (20/6/2020), dimulai pukul 06.30 WIB s.d. 07.15 WIB, Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Sleman menggelar “Operasi Simpatik Pemakaian Masker” dengan membagikan sejumlah 1.000 (seribu) masker kepada para pengendara kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. Dilaksanakan di halaman depan GOR (Gedung Olah Raga) Pangukan di Jl. Dr. Radjimin, Paten, Tridadi, Sleman. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh  Pelaksana tugas Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Sleman, Ir. Arip Pramana, M.T.

Hadir pula Bapak Bupati Sleman, Drs. H. Sri Purnomo, M.Si beserta istri  yakni Ibu   Kustini Sri Purnomo yang turut berkenan membagikan langsung ke masyarakat. Sejumlah Kepala Bidang dan Kepala Seksi di Satuan Polisi Pamong Praja juga nampak hadir.  Antara lain Kepala Bidang Penegakan Peraturan Perundang-undangan, Beska S.H., dan Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat (Linmas), Sarah Waluya, S.H., M.M.

Tanggapan masyarakat sangat positif. Mereka senang dengan kegiatan ini dan memperhatikan betul imbauan serta arahan dari Bapak Bupati dan istri serta para petugas yang membagikannya.

 

Usai pembagian masker, Bapak Bupati menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang sudah memakai masker. Bagi yang belum, diingatkan untuk memakai masker serta menjalankan pola hidup sehat. Saat ditanya wartawan apakah Sleman akan membuat aturan  yang bisa menimbulkan efek jera bagi warga yang tidak menerapkan protokol kesehatan, Bapak Bupati mengatakan bahwa dengan edukasi saja, masyarakat Sleman sudah bisa memahami sehingga aturan semacam itu belum diperlukan. “Covid itu tidak bisa disepelekan. Kemudian nanti akan kita evaluasi dua minggu ke depan seperti apa kesadaran masyarakat. Kita gunakan untuk evaluasi selanjutnya”, demikian penjelasan Bapak  Bupati menutup perbincangan.

Di tempat yang sama, Bapak Arip Pramana menyampaikan bahwa tujuan utama kegiatan ini adalah untuk mendisiplinkan warga memakai masker. Hal tersebut sesuai Surat Edaran Bupati Sleman bahwa setiap kali ada aktivitas di luar seyogyanya menggunakan masker. Sejumlah 77 (tujuh puluh tujuh) orang atau 7,7 % (tujuh koma tujuh persen) kedapatan tidak menggunakan masker. Meskipun  ada yang  belum taat menggunakan masker atau walaupun sudah membawa tapi  tidak dipakai, Bapak Arip menyampaikan apresiasinya kepada masyarakat yang telah memberikan tanggapan positif sekali atas kegiatan ini. Di akhir perbincangan beliau menyampaikan harapannya, “Ini bagian dari edukasi kita supaya  nanti saat New Normal, betul-betul seratus persen orang itu kalau  keluar di jalan tetap menggunakan masker”. (AN)