Rilis Perdana BTS Meal Timbulkan Kerumunan, Satpol PP Sleman Langsung Meluncur

Berita

Sesuai janji promo, tepat Rabu, 9 Juni 2021 pukul 11.00 WIB menu terbaru restoran cepat saji “McDonald’s Indonesia” resmi tersedia. Namun menu tersebut untuk sementara hanya dapat dipesan melalui aplikasi Ojek Online saja. Metode ini diklaim pihak “McDonald’s Indoensia” dapat mengurangi kerumunan mengingat animo konsumen khususnya remaja putri sangat tinggi. Walaupun demikian antrean panjang pun tak terhindarkan. Salah satunya di gerai “McDonald’s” yang berada di Jalan Kaliurang Km. 5,5 Sinduadi, Mlati, Sleman yang kemudian mengundang banyak tanggapan dari masyarakat di media sosial (ICJ) antara lain keresahan mengenai kerumunan yang ditimbulkannya.

Menanggapi keresahan masyarakat tersebut, Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Satuan Polisi Pamong Praja bersama instansi terkait segera meluncur ke lokasi. Berdasarkan pengamatan langsung di lapangan, petugas menemukan pelanggaran protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Dua di diantaranya terjadinya kerumunan berskala besar dan belum memiliki surat rekomendasi dari kapanewon setempat. Oleh petugas langsung dilakukan penguraian kerumunan di luar gerai yang didominasi driver Ojek Online. Banyak dari driver Ojol yang mengeluhkan panjangnya antrean sehingga mengharuskan mereka mengantre berjam-jam lamanya.

Setelah antrean mulai terurai, petugas langsung menemui manager gerai “McDonald’s” untuk berdialog mengenai kerumunan yang ditimbulkannya. Hasilnya disepakati beberapa hal yakni :
1. Segera menutup loket pemesanan regular ataupun drive thru.
2. Segera menyelesaikan sisa pesanan dari Ojek Online.
3. Menutup sementara gerai. Penutupan ini berlangsung hari ini, Rabu (9/6/2021) hingga surat rekomendasi kapanewon terbit.


Selain mengajak berdialog, petugas Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Sleman juga memberikan sosialisasi mengenai Peraturan Bupati Nomor 37.1 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19, serta Instruksi Bupati Sleman Nomor 13/INSTR/2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro di Kabupaten Sleman untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19. (MIH).
,