• 27 January 2021 1:30 am

SATUAN POLISI PAMONG PRAJA

Jl. Parasamya, Beran, Tridadi, Sleman 55511 Telp. 0274-868506 Faks.0274-868506

Hal yang Kamu Harus Lakukan Untuk Mencegah Kebakaran Rumah

Avatar

Bydamkar

Apr 25, 2019

Kebakaran rumah bisa terjadi tanpa diduga. Meski kamu sudah merasa sudah sangat berhati-hati dalam penggunaan perangkat yang menghasilkan api di dalam rumah, bukan berarti kamu sudah aman dari kebakaran rumah.

Konsleting listrik??

Perawatan Sistem Elektrikal untuk cegah Kebakaran Rumah

Sistem kelistrikan atau elektrikal adalah penyebab kebakaran rumah yang paling tinggi. Mulai dari kelalaian penggunaan hingga hubungan arus pendek bisa memicu titik api yang bisa memicu kebakaran rumah.

Maka dari itu, pastikan kamu menggunakan dan merawat sistem listrik untuk mencegah kebakaran rumah. Selalu gunakan peralatan listrik mulai dari kabel dan juga stop kontak yang sesuai dengan standar keamanan

Banyaknya kasus korsleting listrik yang menimbulkan kebakaran menjadi pelajaran yang baik untuk kita bersama agar menggunakan listrik dengan bijak. Kebakaran tentunya hal yang menyeramkan. Dalam hal ini kami akan berbagi cara mencegah korsleting listrik di rumah.

Apa sih korsleting listrik itu? Kok bisa jadi kebakaran, ya? Bagi kamu yang masing asing dengan istilah ini, kami akan membahas segala perihal mengenai korsleting listrik yang biasa kasusnya ditemukan di rumah-rumah.

Listrik memang hal yang penting dalam kebutuhan sehari-hari tetapi kamu harus tahu bahwa penggunaan yang berlebihan tanpa pengawasan yang benar akan ada bencananya, salah satunya adalah korsleting listrik. Bayangkan jika korsleting ini terjadi di rumahmu tentunya kamu tidak mau korsleting ini menjadi kebakaran. Menyeramkan memang. Nah, ada baiknya kita mencegah korsleting listrik di rumah dengan mengetahui lebih jelas tentang hal tersebut.

Korsleting listrik atau hubungan pendek merupakan suatu hubungan dengan tahanan listrik yang sangat kecil yang mengakibatkan aliran listrik yang sangat besar. Kalau tidak ditangani bisa mengakibatkan ledakan dan kebakaran. Penyebab terjadinya korsleting listrik cukup beragam. Penyebab paling sering adalah kelalaian manusia yaitu menyambungkan kabel tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku–penumpukan beban yang berlebihan. Disamping itu, bisa jadi karena kabel listrik mengelupas dan menyebabkan saluran bertegangan menempel ke saluran netral./agni28