• 15 August 2020 5:54 pm

SATUAN POLISI PAMONG PRAJA

Jl. Parasamya, Beran, Tridadi, Sleman 55511 Telp. 0274-868506 Faks.0274-868506

Ular Masuk Rumah Warga, Anggota Damkar Bertindak

Avatar

Bydamkar

Jun 16, 2020

Seekor ular jenis Tampar masuk ke dalam rumah warga di Perumahan Janabadra , Medan, Caturharjo,Sleman.  Senin,  (15/6/2020) sekitar pukul 14.30 WIB. Kehadiran ular  ini tak ayal membuat panik penghuni rumah, bernama Budi. Pemilik rumah lalu menghubungi petugas Pemadam Kebakaran Sleman.

Ular Tampar /Ular tambang adalah spesies ular pohon dari familia Colubridae. Nama-nama lokal ular ini diantaranya: “ulo tambang” atau “ulo tampar” (Bhs. Jawa), dan “duwata” atau “ule lewora” (Bhs. Toraja). Nama umumnya dalam bahasa Inggris adalah Painted bronzeback, sesuai dengan nama spesifiknya, pictus, yang artinya “berhias” (mengacu pada warna tubuhnya). Ular ini tersebar luas mulai dari India hingga kepulauan Nusantara. Panjang tubuh ular tambang mencapai 1.4 meter. Tubuh bagian atas berwarna kecokelatan, dengan warna perunggu pada puncak badannya.

Pada sisi badannya, terdapat satu atau dua garis tipis berwarna kehitaman, yang keduanya dipisahkan oleh garis tebal berwarna krem atau kekuningan. Bagian bawah tubuhnya berwarna krem atau kuning pucat. Kepalanya berwarna sama dengan tubuh bagian atas, dengan corak berwarna hitam yang terdapat di depan dan belakang matanya. Aktif pada siang hari dan biasanya berkeliaran di pepohonan, tanaman, atau semak-semak. Ular ini terkadang juga berkelana di tanah atau rerumputan.

Seperti spesies ular tali lainnya, ular ini termasuk berbisa lemah dan tidak membahayakan manusia. Apabila merasa terancam, ular ini akan memipihkan lehernya, sehingga di kedua sisi lehernya akan terlihat tepian-tepian sisik yang berwarna kebiruan ( sumber dari Wikipedia)

 

Saat petugas damkar tiba dilokasi, pemilik rumah langsung menunjukan lokasi  terakhir dimana ular terlihat. Petugas kemudian melakukan penyisiran di kamar tersebut dan mendapati ular bersembunyi didalam springbed. Setelah ular berhasil di evakuasi kemudian dilepasliarkan lagi di lokasi yang jauh dari pemukiman. Peran serta pemilik rumah dalam memonitor titik lokasi keberadaan ular sangat membantu proses evakuasi oleh petugas.