Peran Satlinmas dalam TMMD Tahap II Tahun 2021

Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Tahap II Tahun 2021 Kodim 0732/Sleman yang dilaksanakan di Padukuhan Gentan, Kalurahan Sinduharjo, Kapanewon Ngaglik dimulai pada tanggal 15 Juni 2021. Menurut Komandan Koramil Ngaglik Kapten Inf. Arli Iskandar, sasaran TMMD kali ini adalah mengerjakan beberapa pembangunan fisik berupa pembuatan cor blok jalan sepanjang 432 meter, lebar 3 meter dan  tebal 10 centimeter. Juga pembuatan kanopi mushola dengan panjang 7 meter, lebar 6 meter, serta  pembuatan Poskamling/Balai RW ukuran 9 meter. Terakhir berupa lantainisasi 2 rumah warga.  Sasaran tersebut akan dikerjakan secara bergotong royong bersama TNI, POLRI, Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Kapanewon Ngaglik, Satlinmas Inti Kabupaten Sleman, serta warga masyarakat setempat.

Selain sasaran fisik, ada pula sasaran non fisik berupa Penyuluhan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara, Penyuluhan Pencegahan Penyebaran Covid-19, Pencegahan bahaya Stanting dengan meningkatkan peran Posyandu dan Posbindu tentang Penyakit Tidak Menular (PTM), serta Penyuluhan Kamtibmas dan Napza. Danramil Ngaglik menambahkan bahwa akan dilakukan kegiatan vaksinasi massal dengan sasaran sejumlah 2000 (dua ribu) orang warga masyarakat Kapanewon Ngaglik.

Sementara itu Kasi Operasional Linmas Satpol PP Kabupaten Sleman, Bambang Kuntoro, A.P., M.Si. menjelaskan bahwa selama pelaksanaan TMMD ini sejumlah 5 (lima) personil Satlinmas Inti Kabupaten Sleman akan bergabung  setiap harinya.  Satlinmas Inti Kapanewon Ngaglik dan Satlinmas Kalurahan Sinduharjo juga akan bergabung secara bergiliran sesuai jadwal yang sudah ditentukan dalam rangka mendukung kegiatan TMMD Tahap II Tahun 2021 ini.

Kegiatan personil Satlinmas mendukung TMMD ini dilaksanakan sebagai salah satu wujud pelaksanaan tugas Satlinmas dalam membantu kegiatan sosial kemasyarakatan yang diamanatkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 26 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat serta Perlindungan Masyarakat dan Peraturan Daerah Kabupaten Sleman No. 12 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ketenteraman, Ketertiban Umum, dan Perlindungan Masyarakat.(DWA)