Menuju ”Herd Immunity”, Pemberian Vaksin Digenjot

Untuk menciptakan kekebalan kelompok (Herd Immunity), upaya pemberian vaksin terus digenjot. Hampir tiap hari di berbagai wilayah dilakukan vaksinasi, tiga diantaranya yang dilakukan hari  ini Senin (13/9/2021) ada di Jogja City Mall (JCM), Sleman City Hall (SCH) dan kantor Kalurahan Sardonoharjo. Seperti biasa, aparat pengamanan terdiri unsur  Satpol PP Sleman, Koramil, Polsek dan tenaga security setempat.

Herd Immunity merupakan suatu keadaan ketika sebagian besar populasi kebal terhadap penyakit menular tertentu misalnya Covid-19, sehingga memberikan perlindungan tidak langsung atau kekebalan kelompok bagi mereka yang tidak kebal terhadap penyakit menular tersebut.

Kuota peserta vaksinasi di tiga tempat tersebut sejumlah 4.200 (empat ribu dua ratus) orang. Tenaga medis berasal dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Tim Kesehatan TNI, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) serta  Relawan.

Urut-urutan kegiatan vaksinasi meliputi peserta melakukan registrasi, pengecekan tensi dan suhu tubuh peserta, pengecekan riwayat penyakit, pelaksanaan pemberian vaksin, dan terakhir observasi selama 30 (tiga puluh) menit.

Pelaksana tugas Satpol PP Sleman, Susmiarto, mengatakan bahwa dengah semakin banyaknya warga masyarakat yang divaksin diharapkan akan benar-benar menciptakan Herd Immunity atau kekebalan kelompok.  ‘’Dengan semakin banyaknya yang divaksin semoga cepat tercipta kekebalan kelompok agar pandemi ini bisa cepat teratasi,’’ demikian harapan Susmiarto.(AN)