• 26 November 2020 2:42 am

SATUAN POLISI PAMONG PRAJA

Jl. Parasamya, Beran, Tridadi, Sleman 55511 Telp. 0274-868506 Faks.0274-868506

Kebakaran Mobil dan Penanggulangannya (bagian 1)

Avatar

Bydamkar

Jun 12, 2020
  • Tentunya Anda sudah mendengar kasus mobil terbakar yang sedang heboh saat ini. Terbakarnya mobil bisa menimpa kapan pun. Yuk kenali penyebab mobil terbakar!

Kebocoran bahan bakar minyak

Tiap mobil pasti memiliki sejumlah cairan mudah terbakar, misalnya saja bahan bakar minyak. Selain kebocoran tangki, penyebab mobil terbakar bisa saja diakibatkan oleh hawa panas. Bahan bakar minyak di dalam tangki bisa terbakar dengan sendirinya karena hawa panas berlebihan yang dihasilkan oleh mesin.

Kerusakan listrik

Kerusakan pada aki dan kelistrikan sering kali menimbulkan hubungan arus pendek yang jadi salah satu faktor penyebab mobil terbakar. Aki mobil yang bermasalah bisa menciptakan gas hidrogen yang berkumpul di ruang mesin. Hal ini bisa berbahaya bila ada kelistrikan yang rusak, misalnya saja kabel yang korslet dan menimbulkan percikan api. Percikan api yang mengenai gas hidrogen dapat menyulut kebakaran pada mobil. Api kemudian mengenai bagian bensin atau bahan-bahan yang mudah terbakar lainnya. Karena itu, sebagai pemilik mobil, ada baiknya Anda rajin memeriksa kondisi aki dan kelistrikan.

Mesin overheat

Mesin mobil yang bekerja terlalu keras bisa menyebabkan suhunya menjadi panas atau dikenal dengan istilah overheat. Biasanya hal ini dapat terjadi karena adanya kerusakan pada bagian pendinginan atau radiator. Rusaknya komponen radiator dapat menyebabkan mesin tidak beroperasi secara efisien. Gesekan pada komponen mesin menimbulkan kenaikan suhu yang signifikan dan akhirnya memicu kebakaran pada mobil.

Modifikasi yang salah

Setiap pemilik mobil pastilah menginginkan mobil impian yang sesuai keinginan. Alhasil memodifikasi mobil menjadi pilihannya. Namun, modifikasi bukanlah hal yang dengan mudah, apalagi jika berhubungan dengan kelistrikan. Anda harus mempertimbangkan dan melakukannya dengan matang. Salah satu contoh modifikasi yang dianggap sepele padahal memiliki potensi menjadi penyebab mobil terbakar adalah modifikasi pada Head lamp atau lampu kabut dengan alasan kurang terang. Sering kali pemilik mobil tidak mengetahui bahwa watt pada lampu yang terlalu besar berpotensi memicu terjadi kebakaran.

Nah Setelah mengetahui beberapa penyebab mobil terbakar seperti uraian diatas, penting untuk dilakukan pencegahannya simak Tips nya di pembahasan selanjutnya.