• 15 August 2020 5:56 pm

SATUAN POLISI PAMONG PRAJA

Jl. Parasamya, Beran, Tridadi, Sleman 55511 Telp. 0274-868506 Faks.0274-868506

Bupati Sleman Hadiri Simulasi Jelang New Normal Sektor Pariwisata dan Perhotelan

Anom K

ByAnom K

Jun 12, 2020

Hari ini, Jumat (12/6/2020), Bupati Sleman Drs. H. Sri Purnomo, M.Si bersama Asisten Sekretaris Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Plt. Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan  serta Kepala Dinas Koperasi menghadiri Simulasi Penerapan Protokol Kesehatan menjelang penerapan New Normal untuk sektor perhotelan dan sektor pariwisata. Hadir pula unsur TNI dan Polri serta Badan Promosi Pariwisata dalam simulasi ini.

Simulasi penerapan protokol kesehatan jelang New Normal sektor perhotelan dilaksanakan oleh Hotel “Alana’’  di Jalan Palagan Tentara Pelajar, Km.7, Ngaglik.  Sedangkan sektor pariwisata atau obyek wisata (obwis) simulasinya dilaksanakan di obwis Tebing Breksi dan Candi Ijo yang keduanya berada di wilayah Kecamatan Prambanan.

 

Pelaksanaan simulasi di dua sektor ini dimaksudkan untuk melihat tata cara maupun SOP dalam penerimaan tamu hotel maupun pengunjung wisata. Sedangkan tujuan utamanya untuk menjamin tercapainya keamanan dan kesehatan, baik bagi pengelolanya maupun bagi tamu atau pengunjungnya. Setelah dilaksanakan simulasi, akan dilakukan kajian oleh Gugus Tugas Kabupaten tentang kelayakan operasionalisasi  maupun kapan obyek wisata akan dapat beroperasi kembali.

Persiapan menjelang New Normal yang disimulasikan meliputi sisi pelayanan, fasilitas serta sistem protokol Covid-19 yang mengacu pada tiga prinsip yaitu clean, safety and health (CSH) atau kebersihan, keamanan dan kesehatan.

Penerapan standar New Normal di sektor pariwisata harus mengikuti protokol kesehatan antara lain menggunakan masker, melakukan cuci tangan, pengecekan suhu, penerapan physical distancing, minimalisasi pembayaran tunai, pemasangan papan informasi serta penyediaan ruang isolasi sementara bagi pengunjung yang suhu tubuhnya di atas 37,5 derajat Celcius.

 

Di tengah pelaksanaan simulasi, Plt. Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Sleman, Ir. Arip Pramana, MT menyatakan  bahwa sebagai unsur penegak peraturan daerah maupun peraturan kepala daerah, Satuan Polisi Pamong Praja bertugas melakukan pemantauan dan penegakan atas pelaksanaan protokol yang telah ditetapkan dalam rangka mencegah terjadinya penyebaran wabah ini, baik di sektor perekonomian maupun pariwisata, serta beberapa sektor lain. Tugas tersebut selama ini telah dijalankannya.

“Semoga hal ini benar-benar menjadikan wabah ini cepat hilang, sehingga nantinya masyarakat dan pemerintah dapat menjalankan aktivitasnya  kembali secara normal untuk melanjutkan pembangunan’’ pungkas Bapak Arip menutup perbincangan. (AN)