Dua Hari Berturut-turut, Damkar Evakuasi Ular Kobra Jawa di Rumah Warga

Dalam dua hari, petugas Pemadam Kebakaran Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Sleman menerima laporan adanya ular yang masuk ke rumah warga. Ular yang diamankan petugas adalah ular jenis Kobra Jawa atau  Phytas Korros. Ular ini merupakan ular Colubridae yang sering ditemukan disekitaran pekarangan, sawah sampai hutan dan penyebaran ular ini berada di Asia tenggara, ular ini sering disebut dengan nama ular kobra jawa, ular jali, ular sawah, ular tikus, ular koros, ular kayu dan sebagainya tergantung daerah maka penyebutannyapun akan berbeda.


Ular ini memiliki panjang tubuh sekitar 2,5 Meter untuk ukuran dewasa dengan warnanya yang cenderung perak, abu-abu, atau coklat kejinggaan, pada bagian bawah tubuhnya berwarna kuning pucat dengan mata besar yang berwarna hitam.
 
Sekilas ular ini terlihat seperti ular cobra atau ular berbisa namun sebenarnya ular ini tidak memiliki bisa dan biasanya dijadikan sahabat petani karena membantu mengontrol populasi hama tikus disawah karena pola makannya yang tergolong rakus, selain itu ular jali ini juga dapat memakan katak, kadal, dan burung.
 

Salah satu ular yang diamankan petugas, masuk ke rumah anggota Pemadam Kebakaran Sleman yang berlokasi di Karangasem, Pendowoharjo, Sleman. Ular yang berada di rumah Bpk Wakiran tersebut berhasil ditangkap petugas di dalam kamar tidur anak pada hari  Sabtu 26 Juni 2021 kurang lebih pukul 13.30.  Pada hari berikutnya petugas Damkar juga menerima laporan yang sama namun lokasinya di Maguwoharjo, Depok Sleman, ular kobra jawa tersebut bersembunyi di garasi rumah milik  Ibu Noer Doddy Erawati.