• 26 November 2020 1:59 am

SATUAN POLISI PAMONG PRAJA

Jl. Parasamya, Beran, Tridadi, Sleman 55511 Telp. 0274-868506 Faks.0274-868506

DSCF9806
Gelar Pasukan Operasi Mantab Praja Progo 2015 di Lap. Denggung Sleman

Guna mendukung terciptanya stabilitas keamanan dan ketertiban selama berlangsungnya tahapan Pemilukada serentak, Polda DIY menggelar apel Gelar Pasukan Operasi Mantab Praja Progo 2015. di 3 Kabupaten; Sleman, Bantul, dan Gunung Kidul.

Kegiatan dalam rangka pengamanan rangkaian kegiatan tahapan pemilukada 2015 di Sleman di gelar di lapangan Denggung,Sleman, Rabu (26/8/2015). Apel gelar pasukan dengan Irup, Pj Bupati Sleman, Gatot Saptadi diikuti 500 personil dari berbagai satuan,diantaranya, Sat Brimobda DIY, Polres Sleman, Kodim 0732/Slm, Sat Pol PP Sleman, dan Pemadam Kebakaran Sleman. Kesiapan pengamanan Tahapan Pilkada di Sleman dapat di baca di (Lebih 700 Personil TNI/Polri Siap dikerahkan).

Pj Bupati Sleman, Gatot Saptadi membacakan amanat Kapolda DIY, Brigjen Pol Drs. Erwin Triwanto, SH. Dalam amanatanya, Kapolda menyampaikan bahwa pergelaran apel kesiapsiagaan ini dilaksanakan, semata-mata agar kita lebih mampu mempersiapkan diri dalam menghadapi Pilkada serentak di 3 (tiga) Kabupaten Propinsi D.I. Yogyakarta yang pada puncaknya akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2015. Tentunya dengan kesiapan yang matang, kita mengharapkan pergelaran anggota pengamanan dilapangan dapat terselenggara dengan optimal melalui proses renorlakdal yang baik dan penerapan metode yang tepat. Sehingga situasi penyelenggaraan pilkada serentak di 3 (tiga) Kabupaten Propinsi D.I. Yogyakarta pada tahun 2015 dapat berjalan dengan aman, tertib dan kondusif.

DSCF9830
PJ. Bupati Sleman membacakan amanat Kapolda pada peserta Apel

Kapolda juga menambahkan, mengacu pada pelaksanaan pemilu beberapa waktu yang lalu, dibeberapa wilayah di Indonesia masih diketemukan beberapa kendala berkaitan dengan penyelenggaraan pengamanan berkaitan dengan belum optimalnya kesiapan-kesiapan yang dilakukan oleh anggota dilapangan.

Atas dasar evaluasi hasil pemilu beberapa waktu yang lalu dan hasil identifikasi beberapa kerawanan menjelang pilkada tahun 2015, maka perlu dilakukan langkah-langkah kesiapan sebagai berikut :

1. Tetap jaga sinergitas dan netralitas TNI / Polri dalam pam pilkada tahun 2015.

2. Setiap pergeseran logistik pilkada khususnya dokumen pemilu harus dikawal oleh anggota Polri.

3. Rumuskan pola pengamanan TPS berdasarkan kriteria TPS dengan memperhatikan jumlah personel, kebutuhan dan kakerda. pergeseran / pendistribusian logistik pemilu khususnya dokumen pilkada tahun 2015.

4. Petakan kembali daerah rawan dan bentuk kerawanannya secara tajam oleh satwil setempat.

5. Evaluasi peran lo dan tingkatkan peran fungsi intelijen di kewilayahan.

DSCF9815
Perwakilan dari TNI, Polri, dan SatPol PP menerima penyematan pita tanda dimulainya Ops Mantab Praja Progo 2015

6. Antisipasi / cegah terjadinya perusakan alat peraga, kampanye hitam pembunuhan karakter serta aksi-aksi intimidasi, teror, ancaman dan bentuk kekerasan politik lainnya maupun konflik internal parpol yang dapat memunculkan konflik antar massa pendukung / simpatisan maupun relawan.

7. Laksanakan ops cipta kondusif / razia dengan libatkan kekuatan besar dengan sasaran senpi / sajam, miras, dan barang berbahaya sebagai cara bentindak yang efektif dalam antisipasi bentrok massa dan bentuk-bentuk pelanggaran pemilu.

8. Lakukan terus langkah pre-emtif untuk meningkatkan kesadaran berbagai pihak agar tidak melakukan tindakan-tindakan kekerasan dan melanggar hukum.

9. Tingkatkan koordinasi dengan aparat keamanan lainnya, penyelenggara pemilu dan pemangku kepentingan untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan pada pilkada tahun 2015.

10. Laksanakan operasi cipta kondusif dan laksanakan operasi intelejen gabungan

11. Tetap waspadai serangan terorisme terhadap personel / markas personel.

“ Mengakhiri amanat saya, marilah kita merapatkan barisan, menyamakan persepsi dan satukan langkah untuk melaksanakan pengamanan pilkada serentak pada tahun 2015 di Kabupaten Sleman, Bantul dan Gunung Kidul dengan lebih baik. Semoga Allah Subhanahu wata’ala senantiasa memberikan kemudahan dan perlindunganNya kepada kita sekalian.  Aamiin,” tutup Kapolda.

(SQ/Ops)

8 thoughts on “Sat Pol PP Sleman ambil bagian pada Apel Gelar Pasukan Mantab Praja Progo 2015”
  1. mohon perhatiannya di perempatan seyegan kok boleh untuk berjualan? Sebaiknya perempatan steril dari penjual karena rawan kecelakaan.

  2. laporan ada aktifitas kumpul kebo yang meresahkan warga, mohon segera di tindak lanjuti. detail sudah saya kirim via email di satpolpp@slemankab.go.id . judul email LAPORAN ada warga Kumpul Kebo yang meresahkan dusun Pucung, Jogotirto, Berbah, Sleman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *