• 26 November 2020 2:51 am

SATUAN POLISI PAMONG PRAJA

Jl. Parasamya, Beran, Tridadi, Sleman 55511 Telp. 0274-868506 Faks.0274-868506

Picu Kebakaran Kendaraan, Perlu Kewaspadaan Hal Berikut

Avatar

Bydamkar

Jul 13, 2020

Kasus isu maraknya mobil / motor yang terbakar karena hand sanitizer membuat semua pengemudi dan pemilik kendaraan perlu waspada akan ancaman terbakarnya motor/mobil secara disengaja maupun tidak.

Lalu, bagaimana cara mencegah ancaman kebakaran pada motor atau mobil anda? Simak tipsnya berikut ini.

1. Perhatikan modifikasi kendaraan

Tak jarang, pemilik kendaraan ingin mempercantik tunggangannya dengan berbagai modifikasi. Meskipun begitu, anda perlu berhati-hati dalam melakukan modifikasi kendaraan. Modifikasi kendaraan, terutama mesin memerlukan ketelitian dan ketepatan yang tinggi. Penggunaan komponen modifikasi yang tidak tepat dapat menyebabkan kebakaran mobil, mesin rusak, hingga mesin meledak.

2. Hindari parkir dekat sumber api

Sumber kebakaran pada mobil tak hanya dari dalam mobil anda, melainkan juga dari luar mobil. Pastikan anda menghindari parkir di dekat sumber api, seperti bak sampah atau tempat pembakaran. Percikan api dari tempat tersebut, ditambah mesin yang panas dapat memicu api pada kendaraan anda.

3. Jangan simpan barang mudah terbakar di kabin mobil atau bagasi motor

Pengemudi sering kali menyimpan barang-barang yang mudah terbakar dalam kabin mobil maupun bagasi motor, seperti parfum cair hand sanitizer dan korek api gas. Hindari menyimpan barang-barang ini pada kabin mobil atau bagasi motor karena mengandung bahan-bahan aktif yang dapat memicu api. Lebih baik, letakkanlah barang-barang ini di tas anda atau tempat yang jauh dari sumber panas.

4. Cek kabel pada mobil dan motor

Kebakaran pada mobil dan motor sering kali di picu oleh arus pendek kabel mobil maupun motor. Kabel – kabel ini menimbukkan percikan api karena mengelupas, atau memang tak sesuai jenisnya. Oleh karena itu, pastikan cek sistem kelistrikan mobil dan motor anda secara rutin. Dengan begitu, anda dapat menghindari konsleting pada kendaraan anda.