• 26 November 2020 2:39 am

SATUAN POLISI PAMONG PRAJA

Jl. Parasamya, Beran, Tridadi, Sleman 55511 Telp. 0274-868506 Faks.0274-868506

Membaca Pengukur Tekanan Pada Alat Pemadam api

Avatar

Bydamkar

Jul 25, 2019
Manometer yang terdapat pada tabung Apar

Sebelum kita mulai apakkah Sahabat Damkar sudah punya atau pernah mengetahui alat pemadam api ringan? Kalau belum kawatirnya agak susah nangkep apa yang bakal kita bahas kali ini.

Beberapa pembeli merasa kebingungan saat melihat alat pemadam api yang baru dibeli jarum penunjuk tekanan pada presssure gauge kenapa tidak penuh ? 
Karena bingung dan merasa dibohongi, terus nulis review negatif sehingga banyak yang kemudian enggan membeli alat pemadam api.

Disini saya mencoba untuk memberi pemahaman kepada publik, khususnya pengguna baru alat pemadam api.

Apa sih fungsi alat pengukur tekanan ?
Fungsi alat pengukur tekanan pada alat pemadam api agar kita dapat mengontrol tekanan alat pemadam api, apakah tekanan nya masih bagus atau tidak.

Tekanan alat pemadam api idealnya 13 bar, pada posisi 13 bar jarum penunjuk tekanan berada pada bagian tengah alat pengukur tekanan. Jadi jarum penunjuk tekanan pada pressure gauge jika berada pada 13 bar menunjukkan bahwa alat pemadam api dalam kondisi normal atau siap untuk digunakan
Alat pemadam api bisa dibilang ready for use selama jarum penunjuk pada pressure gauge berada pada area hijau.

Kalau jarum penunjuk berada dibawah warna hijau tandanya alat pemadam kurang tekanan dan ga disarankan untuk digunakan. Segera hubungi servis alat pemadam api terdekat

“Alat pemadam api yang kurang tekanannya bakal ga bisa digunakan.”

Bagaiman kalau tekanannya tidak kurang tetapi melebihi area warna hijau ? 
Pada posisi over pressure lebih baik minta ke penyedia untuk menurunkan tekanan pada area green sector. Over pressure berakibat media tidak dapat keluar secara optimal.

Over pressure bisa terjadi akibat peningkatan suhu, jika terjadi peningkatan suhu secara ekstrem yang mengakibatkan tekanan alat pemadam meningkat, lebih baik tunggu sampai kondisi suhu kembali normal. Sampai tekanan kembali turun. 
Jika suhu sudah kembali normal tekanan alat pemadam api tidak mau kembali kembali, segera hubungi tempat servis pemadam api yang kalian percaya.

Nah jadi yang namanya alat pengukur tekanan hanya berfungsi untuk mengindikasikan kondisi tekanan alat pemadam. Buka juga mengindikasikan banyaknya isi media alat pemadam api.

Semoga dapat dipahami penjelasannya, salam