• 26 November 2020 3:12 am

SATUAN POLISI PAMONG PRAJA

Jl. Parasamya, Beran, Tridadi, Sleman 55511 Telp. 0274-868506 Faks.0274-868506

HATI-HATI KEBAKARAN RAWAN TERJADI DI BULAN PUASA

Avatar

Bydamkar

May 5, 2019

Sekitar 70% kebakaran disebabkan oleh hubungan arus pendek listrik (korsleting). Bisa karena jaringannya, peralatannya, atau faktor kelalaian manusia yang berkaitan dengan listrik. “Misalnya, terlalu banyak penggunaan listrik pada satu titik hingga terjadi pengumpulan daya yang mengakibatkan panas. Jika di sekitar kabel ada barang yang mudah terbakar, musibah pun terjadi,” .

Masih banyak pemicu lainnya, mulai dispenser air yang sudah kosong namun tetap dibiarkan menyala, kipas angin yang tidak dimatikan, hingga kompor gas bocor atau kabel regulator tabung gas yang rapuh. Musim kemarau dan bulan puasa adalah dua waktu dimana risiko kebakaran muncul lebih tinggi. Di musim kemarau, cuaca yang panas dan sumber air yang berkurang membuat api cepat menjalar. Sedangkan pada bulan puasa, orang yang memasak di malam hari memiliki risiko mengantuk sehingga lengah saat beraktivitas di dapur. “Masyarakat harus terus diingatkan dan diedukasi tentang cara hidup yang aman dari kebakaran,” .

Lambatnya penanganan kebakaran bukan terjadi karena ketidaksiapan petugas. Ironisnya, kendala di lapangan justru kerap muncul dari kondisi jalanan. “Lambatnya mobil pemadam kebakaran kami sampai ke lokasi lebih banyak karena menghadapi kemacetan di jalan.

ingat…kebakaran bisa dicegah kalau kita peduli.
jika terjadi kebakaran hubungi
Posko Damkar Sleman : 0274 868351
Posko Damkar Godean : 0274 2821346