Sedang Asyik Nongkrong, Disanksi Mengucapkan Sila-Sila Pancasila

Sejumlah 9 (sembilan) anak muda yang tengah asyik nongkrong di salah satu Warmindo di wilayah Kapanewon Sleman   diberi sanksi mengucapkan Sila-sila dalam Pancasila. Itu terjadi saat Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Sleman melaksanakan operasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 pada Sabtu malam (4/9/2021) pukul 22.00 WIB. Mereka kedapatan masih makan di tempat, padahal menurut Instruksi Bupati Sleman Nomor 26/INSTR/2021 setelah pukul 20.00 WIB sudah tidak diperbolehkan, itu pun dengan beberapa syarat dan ketentuan tertentu.

Selain wilayah Kapanewon Sleman, operasi juga menyasar Kapanewon Ngaglik dan Ngemplak. Sejumlah pelaku usaha yang melanggar ada yang  diberi sosialisasi dan ada yang diberi surat peringatan. Sejumlah tempat usaha berupa Kafe yang ada kerumunan, dibubarkan paksa oleh petugas.

Menurut Sekretaris Satpol PP Sleman, Sarah Waluya, yang malam itu menjadi pimpinan operasi menyatakan bahwa kegiatan ini akan terus dilakukan sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19. “Kita akan senantiasa melaksanakan ini agar dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19, khususnya di wilayah Kabupaten Sleman,” ungkap Sarah. (AN)