Peran Satlinmas dalam PTKM Mikro sesuai Permendagri Nomor 26 Tahun 2020

Berita

Berkaitan dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 26 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat serta Pelindungan Masyarakat, Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Sleman melalui Bidang Pelindungan Masyarakat  mengadakan pembinaan Satuan Pelindungan Masyarakat (Satlinmas) di seluruh kapanewon di Kabupaten Sleman dengan tujuan meningkatkan kapasitas anggota Satlinmas kapanewon.

Pembinaan Satlinmas kapanewon dilaksanakan sebanyak 17 (tujuh belas) kali, dimulai 5 April 2021 di Kapanewon Mlati dan terakhir tanggal 31 Mei 2021 di Kapanewon Cangkringan.

Narasumber yang menyampaikan materi pembinaan  terdiri dari Panewu, Kapolsek, Danramil, Satlinmas Rescue Istimewa Koordinator Wilayah VII (Kaliurang) serta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman.

Materi oleh Panewu mengenai “Peran Satlinmas dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat berbasis Mikro (PPKM Mikro), Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat”. Materi Kapolsek tentang Pengamanan Kegiatan, Pejabat dan Objek Vital dan Dasar Pengaturan Lalu Lintas”. Danramil mengenai  Deteksi Dini, Cegah Dini, dan Peran Satlinmas dalam Membantu Upaya Pertahanan Negara”. Sedangkan materi “Pertolongan Pertama pada Gawat Darurat dan Mitigasi Bencana” dipaparkan oleh Satlinmas Rescue Istimewa.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Sleman yang diwakili oleh Kepala Bidang Pelindungan Masyarakat, Bapak Sarah Waluya, S.H, M.M. menyampaikan “Arti Penting Pembinaan dan Peningkatan Kapasitas serta Peran Anggota Satlinmas di Masing-masing Kapanewon di Masa Pandemi”, karena salah satu tugas Satlinmas adalah membantu upaya penanggulangan bencana di daerah masing-masing, baik bencana alam maupun non-alam termasuk pandemi Covid-19.

Ketugasan Satlinmas dalam Pembatasan secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM) Mikro mengacu pada Instruksi Mendagri terkait PTKM Mikro untuk bersinergi dengan segenap stakeholder di wilayah dalam upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19. (DWA)