• 28 September 2020 2:45 am

SATUAN POLISI PAMONG PRAJA

Jl. Parasamya, Beran, Tridadi, Sleman 55511 Telp. 0274-868506 Faks.0274-868506

Menyambut adaptasi new normal Satpol PP Sleman monitoring penerapan Protokol Kesehatan Covid-19 di Obyek Wisata

Mulai hari ini Rabu, 15 Juli 2020, Satpol PP Sleman melaksanakan giat monitoring penerapan Protokol Kesehatan Covid-19 di Obyek Wisata di wilayah kabupaten sleman. Kegiatan monitoring difokuskan pada Obyek Wisata/Desa Wisata, Tempat usaha pendukung wisata, Moda transportasi pendukung wisata. Satpol PP Sleman merencanakan 16 kali kegiatan monitoring.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk memonitor kesiapan obyek wisata dalam menerima kunjungan wisatawan. Sebagaimana kita ketahui di wilayah sleman banyak obyek wisata yang selama pandemi covid-19 tutup. namun akhir-akhir ini mulai timbul keinginan dari para pengelola obyek wisata membukanya untuk kunjungan wisatawan.

Pemda Sleman sangat mendukung dibukanya obyek-obyek wisata tersebut, agar roda perekonomian masyarakat dapat berputar, tetapi disisi yang lain mengingat saat ini masih dalam masa pandemi covid-19, setiap pengelola  obyek wisata agar menyiapkan sarana dan prasarana pendukung penerapan protokol kesehatan covid-19 sebelum membukanya untuk kunjungan wisatawan.

Hari ini  Rabu, 15 Juli 2020, Satpol PP Sleman melaksanakan giat monitoring penerapan Protokol kesehatan covid-19 di wilayah kecamatan prambanan, berikut rangkuman hasil monitoring hari pertama ini:

  1. Obyek Wisata Rumah Dome/Teletabies, Alamat: Sengir Sumberharjo Prambanan: Tim Monitoring diterima Bp. Suratmin (Pengurus Koperasi Desa Wisata Rumah Dome). Sampai saat ini pengelola desa wisata rumah dome belum membuka untuk kunjungan wisata.

Satpol PP monitoring penerapan protokol kesehatan covid-19 di rumah dome/rumah teletubies

Pengelola Desa Wisata Rumah Dome sedang menyiapkan SDM protocol kesehatan dalam upaya pencegahan penyebaran/penularan covid-19 guna menyambut kedatangan wisatawan. Fasilitas pendukung protokol kesehatan covid-19 yang sudah disiapkan pengelola rumah dome/rumah teletubies diantaranya:

  1. Wastafel/tempat cuci tangan
  2. Ruang perawatan/P3K
  3. Spanduk/baliho/rontek himbauan kewaspadaan Covid-19 yang ditempatkan di lokasi-lokasi strategis di Obyek Wisata Rumah Dome.
  1. Obyek Wisata Candi Ijo, Alamat: Groyokan Sambirejo Prambanan Sleman:

Sampai saat ini BCB Yogyakarta Unit Candi Ijo belum membuka untuk kunjungan wisata. BCB Unit Candi Ijo sudah menyiapkan SOP Protokol Kesehatan Covid-19 bagi pengunjung;

  1. Setiap pengunjung Sebelum memasuki lokasi di screaning suhu tubuhnya oleh security dengan alat thermogun.
  2. Setelah memenuhi syarat kesehatan para pengunjung dipersilahkan cucitangan di wastafel yang sudah disediakan.
  3. Selanjutnya pengunjung dipersilahkan membeli tiket di loket dengan tetap menjaga jarak antrian.
  4. Petugas security berpatroli berkala untuk mengingatkan kepada para pengunjung kewaspadaan covid-19 dengan selalu menaati protokol kesehatan.

SDM di Balai Cagar Budaya Yogyakarta (BCB) Unit Candi Ijo telah mendapat coaching tehnik penerapan protokol kesehatan covid-19 dari BCB Yogyakarta dan Dinas Pariwisata Sleman.

3. Obyek Wisata Tebing Breksi, Groyokan Sambirejo Prambanan Sleman.

Tim Monitoring diterima Bp. Antok (Marketing Pemasaran Tebing Breksi). Tebing breksi mulai buka tgl 14 Juli 2020, setelah mendapat rekomendasi dari dinas pariwisata sleman dan dinas pariwisata propinsi. Penerapan Protokol Kesehatan Covid-19 di Obyek Wisata Tebing Breksi Bagi pengunjung :

  1. Sistem reservasi online dan pembayaran tiket online (mengurangi interaksi dan memudahkan tracking).
  2. Pengunjung masuk tes suhu badan.
  3. Dilnjutkan pembayaran tiket dng scan barcode/online
  4. Setelah itu pengunjung diminta cuci tangan (manajemen menyediakan 70 unit wastafel di lingkungan obyek wisata breksi).
  5. Setelah semua proses dilalui, Selanjutnya pengunjung dipersilahkan menikmati keindahan obyek wisata tebing breksi.
  6. Fasilitas pendukung protocol kesehatan covid-19 yang disiapkan pengelola di tebing breksi:
  7. Pengelola sudah memasang70 buah wastafel
  8. Pengelola obyek wisata menyiapkan2 orang paramedic yang standby dilokasi
  9. Ruang perawatan/P3K
  10. Secara berkala petugas lewat pengeras suara mengingatkan pengunjung unt jaga jarak, cucitangan, dan selalu mengenakan masker.
  11. Spanduk/baliho/rontek himbauan kewaspadaan Covid-19 yang ditempatkan di lokasi-lokasi strategis di Obyek Wisata Tebing Breksi.

Protokol Kesehatan Bagi Karyawan Tebing Breksi:

  1. Setiap Karyawan Wajib bermasker dan mengenakan face shield
  2. Sebelum beraktifitas karyawan Cuci tangan, pengukuransuhu dan pengecekan tensi oleh paramedis yang selalu stand by dilokasi.
  3. Selalu menjaga jarak baik dengan pengunjung maupun sesama karyawan.

KETERANGAN:

–      Petugasmembagikan 10 buah masker di Rumah Dome.

–      Petugasmembagikan 10 buah masker di CandiIjo

–      Petugasmembagikan 30 buah masker di TebingBreksi.

–      Kegiatan berjalan dengan aman, tertib dan lancar.