• 26 November 2020 3:06 am

SATUAN POLISI PAMONG PRAJA

Jl. Parasamya, Beran, Tridadi, Sleman 55511 Telp. 0274-868506 Faks.0274-868506

INGAT, KEBAKARAN DI RUMAH TANGGA BIASA TERJADI KARENA KELALAIAN KITA SENDIRI.

Avatar

Bydamkar

Apr 30, 2019

Halo Sahabat Damkar. Setelah pada artikel sebelumnya kita membahas mengenai alat langkah jika terjadi kebakaran, pada artikel ini mari kita membahas mengenai sarana evakuasi saat terjadi kebakaran.

Mengetahui kemana harus melarikan dan mengevakuasi diri adalah salah satu peluang besar untuk selamat dari kebakaran. Jika sebelumnya sudah disiapkan, ada baiknya kita biasakan untuk berlatih menggunakan jalur evakuasi itu minimal dua kali dalam setahun. Berikut beberapa tips dan pertimbangan dalam merencanakan dan memilih jalur evakuasi:

  • Siapakan minimal dua jalur evakuasi untuk setiap ruangan di rumah/apartemen kita. Jalur alternatif akan dibutuhkan ketika jalur utama kita tertutup api. Jalur keluar alternatif bisa berupa jendela keluar menuju atap tetangga atau tangga lipat menuju bagian rumah lain. Pastikan jalur evakuasi bebas dari hambatan apapun.
  • Pastikan peralatan pendukung jalur evakuasi darurat di rancang dengan spesifikasi teknis yang tinggi. Jika menggunakan tangga lipat, usahakan munggunakan tangga yang tersertifikasi (dapat dilihat dari capnya)
  • Pastikan semua jendela dan pintu keluar yang menjadi bagian jalur evakuasi, tidak macet dan gampang dibuka. Jika ada lapisan kasa atau aksesoris lain, pastikan itu mudah dibuka atau dilepas.
  • Berlatihlah melalui jalur evakuasi yang sudah Sahabat siapkan dalam keadaan gelap gulita dan mata tertutup. Lakukan secara rutin, minimal 2 kali setahun.
  • Pintu dan jendela dengan teralis besi haruslah terpasang dengan mekanisme pelepasan yang mudah. Pastikan seluruh anggota keluarga mampu untuk melakukannya. Kalaupun semua jendela membutuhkan teralis, Sahabat dapat mengakalinya dengan memasang teralis portable yang dapat dibuka dengan gembok pada salah satu jendela yang Sahabat rencanakan untuk evakuasi.
  • Mintalah bantuan petugas pemadam kebaran atau kawan yang paham dan berkompeten, untuk mengevaluasi jalur evakuasi yang Sahabat buat.
  • Buatlah poster informatif tentang jalur evakuasi dirumah anda. Tempatkan di titik-titik strategis yang mudah dilihat. Lengkapi poster tersebut dengan info nomor-nomor yang dapat dihubungi dalam kondisi darurat seperti nomer dinas pemadam kebakaran setempat.