Ciptakan Rasa Nyaman Masyarakat, Satpol PP Sleman Jangkau Pengamen dan Pengemis

Guna memberikan kenyamanan masyarakat terutama pengguna jalan, Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Sleman mengupayakan wilayah Kabupaten Sleman bebas dari pengamen dan pengemis yang biasa mangkal atau beroperasi di beberapa simpang jalan raya.

Menurut Pelaksana tugas Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Sleman, Drs. Susmiarto, M.M., untuk menciptakan rasa aman para pengendara di beberapa simpang jalan raya tersebut maka akan dilakukan razia secara rutin terhadap para pengemis, gelandangan dan orang terlantar, seperti yang dilakukan hari ini, Selasa (22/6/2021).

Dijelaskan oleh Bapak Susmiarto bahwa dalam razia kali ini pihaknya berhasil menjangkau sejumlah 5 (lima) orang pengamen dan pengemis di simpang empat  Monjali Sleman karena sebelumnya telah mendapatkan peringatan agar tidak melakukan kegiatannya di lokasi tersebut. Selanjutnya mereka didata dan dibawa ke Panti Rehabilitasi  yang terletak di Klidon Sukoharjo Ngaglik Sleman untuk mendapatkan pembinaan lebih lanjut. Atas kegiatannya tersebut mereka diduga telah melanggar Perda DIY Nomor 1 Tahun 2014 tentang Penanganan Gelandangan dan Pengemis.

Selain itu, pengemis dan pengamen juga mengganggu terciptanya kebersihan, keindahan dan ketertiban  wilayah Kabupaten Sleman. Ke depan, razia juga akan dilakukan di tempat-tempat lain yang memang sering dijadikan tempat untuk mengemis atau mengamen, seperti misalnya kawasan Alun-Alun Denggung. (ZKY)