Berpotensi Timbulkan Kerawanan Sosial, Sejumlah Mural Ditertibkan Aparat

Pihak Kalurahan Trimulyo Kapanewon Sleman pada hari Selasa (31/8/2021) menghapus dengan cara dicat putih terhadap sejumlah 4 (empat) mural yang berpotensi menimbulkan kerawanan sosial. Saat menghapus mural, pihak Kalurahan didukung aparat Polsek Sleman dan Satpol PP.

Mural dibuat di dinding tembok  rumah salah satu warga berinisial MJ, belokasi di Dusun Jogokerten, Kalurahan Trimulyo, Kapanewon Sleman. Materi mural merupakan bentuk respon atas kebijakan pemerintah dalam menangani pandemi Covids-19.

Menurut MJ, mural dibuat pada hari Sabtu (28/8/2021), pihaknya juga mengaku tidak tahu alamat tinggal pembuat mural. Beberapa hari sebelum  pembuatan memang ada seseorang yang minta izin untuk membuat mural di tempat tersebut. Konon mereka adalah para mahasiswa yang masih aktif kuliah di salah satu Institut Seni di Yogyakarta, dan bukan  warga setempat.

Menurut Lurah Trimulyo, Suhardjono, pihaknya perlu melakukan penertiban berupa penghapusan mural ini agar tidak menimbulkan gejolak dalam masyarakat. “Kami tidak ingin mural ini menimbulkan gejolak di masyarakat Trimulyo khususnya maupun masyarakat lainnya. Apalagi yang membuat ini adalah orang yang tidak kita kenal, bukan warga kami,” demikian ungkap SHJ. (AN)